Senin, 11 Agustus 2014

Kaizen dalam perusahaan




Apa itu Kaizen..? Secara bahasa Kaizen yang diambil dari bahasa Jepang yaitu Kai dan Zen. Kai artinya berubah atau change dan Zen berarti baik atau good. Jadi Kaizen dapat diartikan sebagai perubahan kepada arah lebih baik. Adapun dalam penggunaannya Kaizen sering dilengkapi dengan “berkesinambungan” dan dikenal sebagai continuous improvement.
Untuk lebih jelas mengenai Kaizen, yuk kita lihat…
Sesuai artinya, filosofi dari Kaizen adalah melaksanakan perbaikan atau peningkatan yang berkesinambungan. Adapun realisasinya dalam suatu perusahaan harus bisa membudaya dan mendarah daging dari tingkat atas (top management) sampai bawahan atau istilahnya way of lifeperusahaan.
Kata kunci dari kaizen sendiri ada 3 yaitu :
  • Continuous
  • Never Ending
  • Consistent
Adapun peranan Kaizen dalam suatu perusahaan adalah sebagai alat untuk menyelesaikan problem yang belum terselesaikan, menyelesaiakan masalah yang diangkat oleh management serta menemukan masalah yang selama ini belum terangkat yang dinamakan problem laten.
Beberapa aktifitas yang memerlukan Kaizen adalah :
  • Vallue added yi aktifitas yang memberikan keuntungan atas produk bagi pelanggan dan menjadikan harga atas produk
  • Non value added yi aktivitas yang tidak memberikan keuntungan atas produk bagi pelanggan dan menjadikan harga atas produk
  • 6R (Ringkas, Rapih, Resik, Rawat, Rajin dan Rasa Aman) pada pengorganisasian tempat kerja
  • Prinsip penanganan material
  • SOP
Dalam prakteknya dalam pekerjaan sehari-hari, aktifitas Kaizen dapat diwujudkan dalam bentuk :
  • SS (Sugestion System)
  • QCC (Quality Control Circle)
  • QCP (Quality Control Project)
  • PPS (Practical Problem Solving)
Untuk mewujudkan Kaizen yang membudaya dalam diri perusahaan memang tidaklah mudah dan memerlukan kontribusi dari semua elemen yang dalam perusahaan tersebut mulai dari top management sampai dengan karyawan dengan tingkat paling bawah. Semangat dari Kaizen yaitu ”Hari ini harus lebih baik dari kemarin dan hari esok harus lebih baik dari hari ini” harus mampu ditularkan ke berbagai elemen dalam perusahaan.
Selain itu semangat tiada hari tanpa perbaikan pun patut ditanamkan pada setiap karyawan sehingga lambat laun budaya itu menjadi seperti kebiasaan. Jangan lupa mulailah perbaikan dari hal paling kecil sekalipun dan hargailah perbaikan betapapun kecilnya itu.

Salam Kaizen

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

what do you think, let me know..

Posting Komentar

what do you think, let me know..